Pengenalan Struktur Folder Project Di Android Studio

Bagi kalian pemula (newbie ) yang gres mengenal Android Studio , atau migrasi dari Eclipse. Mungkin pada artikel kali ini penting untuk dipelajari. Karna beberapa stuktur dari Project di Eclipse berbeda dari Android Studio.Kalian harus sanggup menyesuaikan diri dengan model struktur project gres  di Android Studio.Sebelum membaca ini , pastikan kalian sudah menginstall , dan menciptakan Aplikasi Pertama di Android Studio.Karna artikel kali ini akan menjelaskan lebih dalam untuk kalian yang masih belum paham , mengenai  Stuktur Folder Project  di  Android Studio.

Baca sebelumnya :

  1. Cara Menginstall Android Studio 1.0 di PC / Laptop Windows
  2. Cara Membuat Aplikasi Android Hello World Pertama di Android Studio

 Mungkin pada artikel kali ini penting untuk dipelajari Pengenalan Struktur Folder Project di Android Studio
Android Studio
Pertama pastinya kalian sudah membuka, Project Android Studio di Komputer kalian.Lalu pada bab kiri kalian sanggup melihat, struktur dari Project Aplikasinya.  Struktur Folder Project Android  Studio dapat dilihat pada gambar dibawah :

 Mungkin pada artikel kali ini penting untuk dipelajari Pengenalan Struktur Folder Project di Android Studio
Stuktur Folder Project

 Berikut pengenalanya:

1). Manifest (app/manifest/AndroidManifest.xml )

Pada folder pertama yaitu manifest, yang berisi file AndroidManifest.xml.

File ini berisi isu perihal package (paket ) pada project kalian, yang didalamnya terdapat komponen Aplikasi ibarat , Activity ,Services ,User Permission, Content Provider dll. 
Kaprikornus kalau kalian ingin membuat Activity gres , pastikan sudah terdapat di file ini , serta kalau Aplikasi kalian membutuhkan koneksi Internet , kalian harus mengisi User Permission di file ini. Mengganti judul ,icon ,gaya theme ,serta menciptakan  Splashcreen dll. Jadi pada dasarnya manifest ialah isu perihal projek aplikasi ketika di jalankan (runtime).
Contoh dari Stuktur file manifest ,akan terlihat ibarat ini :


Penjelasanya :

<manifest> 

Manifest berisi nama package di Activity class kalian.yang merupakan element root di file AndroidManifest.xml.

 <application>

Application merupakan sub element dari manifest. Disini berisi daerah pendeklarasian perihal Aplikasi kalian ,seperti icon ,judul aplikasi ,gaya theme. 

  • android:allowBackup= untuk mengizinkan aplikasi untuk merestore infrastructure
  • android:icon :  pendeklarasian icon launcher semua komponen Aplikasi.
  • android:label : pendeklarasian nama judul semua komponen Aplikasi.
  • android:theme :  pendeklarasian tema semua komponen Aplikasi.

<activity>

Activity disini merupakan sub element dari application , yang berisi daerah meregistrasi Activity-Activity baru.

  • android:name : mendeklarasikan nama  dari class Activity.

2). Java  (app/packagename/MainActivity.java)

Pada folder kedua yaitu Java , yang terdapat nama package berisi file class Activity java, yang sanggup kita ambil referensi bernama MainActivity.java.

Contoh dari Stuktur file class MainActivity.java.


Penjelasanya :

  • package = mengelompokan beberapa file class Activity java pada aplikasi kalian.
  • import = digunakan untuk mengimport library untuk komponen Aplikasi.
  • public class MainActivity extends AppCompatActivity  =  public class ialah modifier yang digunakan dalam pemrogramman  java  untuk  menyatakan   bahwa kelas/method/attribute tersebut sanggup diakses oleh kelas lain. Main Activity ialah nama dari kelas tersebut dan extends AppCompatActivity ,menyatakan bahwa class Main Activity akan mewariskan sifat dari library yang berjulukan AppCompatActivity, yang merupakan sifat dari kegiatan java yaitu inheritance(pewarisan).

    protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
        super.onCreate(savedInstanceState);
        setContentView(R.layout.activity_main);

    }
  • protected void = protected adalah modifier yang dipakai dalam permrogramman java untuk menyatakan bahwa kelas tersebut  dapat diakses dari kelas turunannya. Sedangkan void adalah method yang yang dipakai dalam permrogramman java untuk menyatakan bahwa , tipe data tersebut tidak mempunyai nilai balik (return value ).
  • Fungsi ini onCreate akan dipanggil ketika sebuah class gres dibuat, untuk menampilkan Activity yang di olah di (Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState);
  • dan akan menampilkan sebuah halaman user interface (Antar Muka ) pada file layout yang bernama activity_main yang berlokasi di R.layout.activity_main.

3) Resource (app/res/drawable/filegambar)
Di folder ketiga yaitu folder drawable ,yang merupakan isi dari folder resource.
Folder drawable dipakai  untuk menyimpan file-file gambar berformat .jpg atau .png.
4) Resource (app/res/layout/activity_main.xml)
Di folder keempat yaitu layout ,yang merupakan isi dari folder resource.

Folder layout digunakan untuk menyimpan file-file layout yang merupakan daerah menciptakan komponen User Interface (antarmuka ).
Contoh struktur dari file activity_main.xml

<LinearLayout>

Linearlayout adalah jenis layout yang ada di Activity
   
 <TextView>

Textview ialah widget dari komponen User Interface yang dipakai untuk menampilkan pesan text.

Widget ini mempunyai atribut ibarat :

  • android:layout_width dan android:layout_height adalah salah satu jenis penempatan  dari widget tersebut untuk melihat misalnya kalian sanggup baca artikel berikut :
  • android:textAppearance= atribut yang dipakai untuk menampilkan ukuran text 
  •  android:text = berisi text yang akan tampil di layar.
  • android:id = identitas dari widget textview ,yang akan dipanggil ketika pemrogramman di class activity java.
5) Resource (app/res/mipmap/ic_launcher)

Di folder kelima yaitu mipmap yang merupakan isi dari folder resource.

Folder mipmap dipakai untuk menyimpan file ,  icon launcher aplikasi yang bernama ic_launcher.


6) Resource (app/res/values)

Di folder keenam yaitu values , yang merupakan isi dari folder resource.


Folder values dipakai untuk menyimpan file-file ibarat string.xml , styles.xml , dan color.xml.

string.xml berisi resource  data-data text yang akan dipakai untuk komponen Aplikasi.

styles.xml berisi resource perihal tema ibarat Toolbar, yang akan dipakai untuk komponen Aplikasi.

 color.xml. berisi resource warna-warna dari file styles.xml.


7)  Gradle 

Gradle ialah build tools yang dipakai pada Android Studio, untuk mencompile-merun project Aplikasi yang akan kalian buat.Jika di Eclipse build tools yang dipakai adalah Ant.

Pada build.gradle  digunakan untuk mengidentifikasi versi OS ,SDK,library yang akan kalian gunakan pada Aplikasi.


build.gradle

Demikian pengenalan Stuktur Folder Project di Android Studio. Mohon maaf kalau banyak kekurangan biar bermanfaat untuk kalian para pemula (newbie ).

Baca juga : Belajar Mengenal Gradle di Android Studio


Sumber https://www.okedroid.com/

Loading...