Belajar Mempassing Nilai Dari Activity Satu Ke Activity Lainya Android

Jika kita mengacu pada situs resmi developer.android.com , pertama-tama dikala kita ingin membangun Aplikasi pertama kali, kita di instruksikan untuk membangun Aplikasi antarmuka sederhana , dengan mengunakan widget EditText dan Button , kemudian selanjutnya dikala user atau pengguna menjalankan Aplikasinya . User atau pengguna , akan menginputkan textnya pada kolom input (EditText) , pada Activity Satu , kemudian dikala menekan tombol (Button) , pada Activity Dua akan tampil text (TextView) menurut inputan user atau pengguna tersebut. Nah ,begitulah yang akan kita bahas pada artikel tutorial mencar ilmu android kali ini , disini kita akan mencoba mencar ilmu mempassing atau melempar nilai dari Activity satu ke Activity lainya  pada Aplikasi Android.
tama dikala kita ingin membangun Aplikasi pertama kali Belajar Mempassing Nilai dari Activity satu ke Activity lainya Android

1.  Pertama-tama pastinya kalian sanggup menciptakan project baru,  atau yang sudah ada di Android Studio.

2. Lalu pada bab package (contoh disini :com.okedroid.contohaplikasi) , klik kanan pada mouse kalian , kita akan menciptakan Activity baru.  Pilih New > Activity > Empty Activity  .  Selengkapnya sanggup lihat pada gambar dibawah:

tama dikala kita ingin membangun Aplikasi pertama kali Belajar Mempassing Nilai dari Activity satu ke Activity lainya Android
Membuat Activity Baru

3. Selanjutnya ,pada bab Configure Activity , kalian sanggup mengisi pada bab Activity Name (Contoh : SecondActivity) ,dan Layout Name (Contoh : activity_second) terserah kalian memberi atau mengisi namanya apa.  Jika sudah sanggup pilih tombol Finish.

tama dikala kita ingin membangun Aplikasi pertama kali Belajar Mempassing Nilai dari Activity satu ke Activity lainya Android
Configure Activity
4. Sebelum kita membahas code atau codingan logic pemrograman pada Activity , kita akan mendesign layoutnya terlebih dahulu. Karena disini aku memakai Constraint Layout , kalian sanggup membaca artikel sebelumnya , untuk mencar ilmu mengenal Apa itu Constraint Layout.

Baca sebelumnya : Belajar Membangun Responsive UI ConstraintLayout di Android Studio

Atau kalian sanggup juga menyalin code berikut pada layout activity_main.xml dan activity_second.


activity_main.xml



activity_second

Seperti yang sudah aku katakan sebelumnya ,disini kita memakai EditText ,Button dan TextView di dalam ConstraintLayout.
5. Setelah itu ,jika kita sudah final mendesign layoutnya , disini kita akan mulai menulis code atau codingan logic pemrograman pada Activity , khususnya pada MainActivity.java dan SecondActivity.java. Berikut selengkapnya mari kita bahas:

MainActivity.java

Penjelasan :

Karena disini kita akan  mempassing atau  meneruskan nilai , dari Activity satu ke Activity lainya. Dimana  di dalam codingan MainActivity.java akan difungsikan  sebagai pengirim(sender).  Sedangkan di dalam codingan SecondActivity.java , akan difungsikan sebagai peserta (receiver). Untuk menghubungkan antar Activity satu ke Activity lainya , disini kita memakai class atau library Intent. Intent juga dapat membawa dan meneruskan nilai , dengan tipe data berpasangan ,atau yang biasa kita kenal key-value.
Seperti yang kalian lihat pada code diatas , disini kita mendefinisikan dan menginisialisasi tipe data konstanta dan static ,  dengan  variable yang bernama EXTRA_MESSAGE (sebagai Key). (Baca lebih lanjut : Keyword Static)
Karena di dalam layout activity_main.xml  tepatnya pada widget Button , kita telah mengisi atribut dengan  android:onClick=”kirimPesan”. 


Maka di dalam  MainActivity.java , kita hanya perlu menciptakan method void kirimPesan(View view) {}.

Method ini akan dipanggil,  ketika user atau pengguna mentap atau menentukan Button.

Kaprikornus secara simpel ,kita tidak perlu lagi menginisialisasi ,dan menciptakan objek dari Button ,dan juga memakai method OnClickListener,
Nah di dalam method kirimPesan() , kita menciptakan objek dari class Intent  , nah disini Intent sanggup mendapatkan parameter dari Context (this ) dan Class(SecondActivity.class). (Baca : ihwal Context dan keyword this ).
Setelah itu kita menciptakan objek dari class EditText , lalu mengakses resource id dari editText yang sudah di definisikan di layout.
Untuk mengkonversi dan mengambil inputan text ,  berdasarkan inputan user atau pengguna,  di kolom  widget EditText kita memakai method .getText().toString(); di objek editText
Selanjutnya kita simpan di dalam variable message dengan tipedata String , yang dimana kita akan jadikan sebagai Value.
Lalu pada objek intent kita akan memakai method .putExtra(EXTRA_MESSAGE,message); , yang membawa tipe data berpasangan key-value , yaitu EXTRA_MESSAGE  dijadikan sebagai Key , dan message dijadikan sebagai Value.
Kemudian  kita jalankan objek intent , dengan menggunakan   startActivity(intent);



SecondActivity.java

Penjelasan :

Seperti yang aku sudah katakan sebelumnya ,karna di dalam codingan SecondActivity.java , akan difungsikan sebagai peserta (receiver). Maka,  logic pemrogramanya akan berbeda dibandingkan dengan yang ada di dalam MainActivity.java. 

Disini kita menciptakan objek intent , kemudian memakai method getIntent() untuk mendapatkan dan mengambil nilai yang berada di Activity baru, yang dimana disini bernama SecondActivity.java.

Kemudian objek intent  menggunakan method getStringExtra() untuk mengextract String , yang parameternya menurut Key dari MainActivity.EXTRA_MESSAGE.   Lalu disimpan ke dalam variable message dengan tipedata String.

Setelah itu kita buat objek textView , kemudian mengakses resource id textView yang sudah di definisikan di layout.

Pada objek textView kita memakai method setText() ,untuk menampilkan output atau tampilan text menurut nilai yang disimpan di dalam variable message.



6. Pada AndroidManifest.xml akan tersetting menyerupai ini:

7. Jika sudah final semua , kini kita coba jalankan Aplikasinya dengan memakai tombol Run di Android Studio.  Kira-kira jadinya akan terlihat pada video dibawah:


Sumber https://www.okedroid.com/

Rekomendasi
1 of 63
Loading...