Belajar Cara Generate Angka Acak (Random Number) Di Kotlin

Saat kita sedang mengerjakan projek jadwal ,untuk situasi dan kondisi tertentu. Kita membutuhkan suatu ,tugas atau fungsi yang sanggup menampilkan suatu angka secara acak, di dalam projek jadwal yang sedang kita kerjakan. Nah , di bahasa pemrograman Kotlin ,kita sanggup memakai class atau library java.util.Random.  yang terdapat di bahasa pemrograman Java ,untuk sanggup melaksanakan kiprah tersebut. Kita sanggup menampilkan angka acak atau random number , dengan memakai tipe data menyerupai int,long , byte,float ,double, dan boolean. Pada artikel mencar ilmu kotlin kali ini , kita akan mencoba menciptakan atau mengenerate angka acak dengan memakai bahasa pemrograman Kotlin. Berikut mari kita simak caranya:
 Saat kita sedang mengerjakan projek jadwal  Belajar Cara Generate Angka Acak (Random Number) di Kotlin

1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.
2.  Kalian sanggup pehatikan Contoh code di bawah:
Contoh code :

 Saat kita sedang mengerjakan projek jadwal  Belajar Cara Generate Angka Acak (Random Number) di Kotlin
Contoh Code Program Angka Acak 1

Penjelasan :
Pertama kita import class library  ,dengan menggunakan import java.util.Random , atau import java.util.* 
Setelah itu  kita buat objek  random, dengan  menggunakan, baris code

val random = Random()

Lalu kita buat lagi variable tipe val , untuk menampung output hasil dari method random.

Kita isi dengan mengunakan objek random ,untuk memanggil method , menyerupai random.nextInt() untuk tipe data integer, random.nextDouble() , untuk tipe data double , random.next.long() untuk tipe data long, random.nextBoolean() untuk tipe data boolean.

Setelah itu , untuk menampilkan nilai atau value ,kita tidak perlu memakai println() berkali-kali kita hanya perlu memakai String template ,seperti  println(“”” nilai $nilai “””) 

Kita running atau jalankan jadwal tersebut akhirnya : akan menampilkan angka random ,namun khusus tipe data boolean hanya ,akan mengacak nilai true dan false saja.

Output:

        Tampil Angka Integer    : -746991774
        Tampil Angka Double     : 0.8709009901011648
        Tampil Angka Long       : 8994417481215736051
        Tampil Angka Boolean    : true

Contoh  Code:

 Saat kita sedang mengerjakan projek jadwal  Belajar Cara Generate Angka Acak (Random Number) di Kotlin
Contoh Code Program Angka Acak 2

Penjelasan :

Kita juga sanggup menampilkan angka acak , menurut range tertentu, yang sanggup kalian lihat

pada code diatas, kita menerapkanya untuk tipe data integer , dengan range 0 – 5 + 10.

Hasil outputnya akan menampilkan angka secara random ,dari range 0 – 15

Output :

  Tampil Angka Integer  : angka random 0 -15

Contoh Code :

 Saat kita sedang mengerjakan projek jadwal  Belajar Cara Generate Angka Acak (Random Number) di Kotlin
Contoh Code Program Angka Acak 3 

Penjelasan :

Alternatif lain , juga kita sanggup memakai Math.random() , kita tidak perlu lagi mengimport library import java.util.Random. Namun ,karena Math.random() , memakai tipe data boolean , jadi kita harus mengconvert (Type Casting) terlebih dahulu , dengan memakai toInt() , di Kotlin.

Serta mengkalikan *6 ialah range = 0 – 6 , pertanda panjang array yang akan kita tampilkan.

Hasilnya akan menampilkan ,angka secara acak menurut panjang array , dan juga nilai atau value yang telah di definisikan. Sebelumnya juga aku telah membagikan artikel perihal fungsi Math Random dengan memakai bahasa pemrograman Java.

Baca sebelumnya : Belajar Mengenal Fungsi Math Random Pada Program Java

Output :

Tampilkan angka Acak 56 atau (23,5,232,32,21)

Contoh Code :

 Saat kita sedang mengerjakan projek jadwal  Belajar Cara Generate Angka Acak (Random Number) di Kotlin
Contoh Code Program Angka Acak 4



Penjelasan :

Kita juga sanggup memakai  , method untuk menampilkan angka secara acak , menyerupai pada pola code diatas . Kita menampilkan angka secara acak dari range 0 hingga 5.


Output :

0  atau (1,2,3,4,5)


Sumber https://www.okedroid.com/

Loading...